Ngomongin Candi Borobudur

borobudur
Borobudur Temple

Beberapa jam yang lalu, saya ngobrol dengan tetangga komplek rumah yang asli medan. Dia baru pindah ke ibukota sekitar dua bulan yang lalu. Awalnya karena kita sekadar ramah tamah, akhirnya sampailah ke topik wisata yang harus dikunjungi saat ke daerah asal saya. Tetangga saya ini sering kebalik – balik nyebutin lokasi wisatanya, saya sih maklum saja kalau kebalik – balik, toh saya juga bakal ngalamin hal sama kalau berkunjung ke daerah medan. Nah, tetangga saya ini ternyata belum pernah sama sekali mengunjungi yang namanya candi borobudur. Dia bener – bener penasaran dan pengin banget kesana. Nanyain mulai dari transport kesana bagaimana, letaknya dimana, tujuan wisata disekitar sana apa saja dan makanan yang mesti di coba.

Saya sejujurnya nggak bisa begitu menggambarkan lokasinya di sebelah mana. Karena pengalaman saya ke candi borobudur selalu di sopirin sama ayah saya. Saya ? yaa tinggal duduk aja dibangku belakang sambil ngemil. Kalo ngantuk ? tinggal tidur, haha (ada yang sama kayak saya ?). Ditanyain tempat makanan dimana yang harus di nikmati juga kurang tahu. Letak pas posisi candi borobudurpun saya juga kurang tahu. Kalau pengin lebih simpel, rekomendasi saya emang pakai jasa tour buat ke candi borobudur atau sekitarnya, tinggal duduk, nanti dibawa kemana – mana sama biro tournya”.

Dan.. usut punya usut, tetangga saya ternyata berkeinginan hal yang lain. Dia pengen banget bisa backpakeran kayak teman – temannya yang di Medan yang pernah berkunjung ke daerah jawa dengan cara backpaker. Hmmm… kalau ini, saya sarankan saja browsing mbah gugel dan sediain GPS aktif buat mengeksplore.

Tapi, sebelum ujan mulai turun, tetangga saya jadi mengubah topik pembicaraan backpaking menjadi. “Murah nggak tuh kalau pakai biro tournya, mbak ?” well… sampai disini, saya cuma bisa ngejawab “relatif”. Iya, relatif. Kenapa ? karena, bagi sebagian orang yang nggak tahu lokasi pasnya dimana, nggak punya waktu yang banyak, dan males mikir mau kemana aja, solusinya memang menggunakan jasa tour atau jasa rental mobil yang menggunakan supir.

Kalian pernah ke candi borobudur menggunakan jasa tour ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s